You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Warnasari
Desa Warnasari

Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Lubang Cerdas Organik

14 November 2019 Dibaca 561 Kali
Lubang Cerdas Organik

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mengakui persoalan sampah masih menjadi persoalan yang cukup berat di Kabupaten Bandung jika tidak ada peran aktif dari masyarakat.

Dalam penanganan sampah ini dibutuhkan gerakan masif dan kesadaran bersama dari semua pihak. masyarakat bisa ikut berperan dengan cara menjadi sumber solusi dari sampahnya sendiri.

Salah satu program pemerintah berbasis lingkungan telah digulirkan Pemkab Bandung dalam menangani persoalan sampah. Sebut saja Program Lubang Cerdas Organik (LCO).

Program yang telah digulirkan tersebut  bertujuan mendukung percepatan terwujudnya Kabupaten Bandung Bersih Sampah 2020. Caranya yakni melalui pendekatan pengelolaan sampah masyarakat secara mandiri.

masyarakat diimbau membuat dua LCO di setiap rumahnya. Hal ini bertujuan agar setiap sampah rumah tangga dapat diselesaikan di sumber pertama sampah itu berasal dan sampah yang diangkut petugas kebersihan menjadi berkurang.

“Strategi ini efektif untuk mengurangi volume sampah karena cocok dengan karakteristik warga. Karakteristik sampah masyarakat Kabupaten Bandung, 45-60 persennya berupa sampah organik. Jadi kalau 60 persen sampah masuk ke lubang organik, maka 60 persen sampah akan berkurang.

Secara historis kearifan lokal masyarakat sunda terhadap lingkungan hidup sudah sangat baik. Melalui program tersebut, mendorong kesiapan masyarakat untuk lebih mandiri, memahami permasalahan lingkungan hidup di desanya dan mencari solusi atas permasalahan dengan melakukan pengolahan lingkungan secara konsisten dan berkelanjutan.

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image