You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Warnasari
Desa Warnasari

Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

PANORAMA SITU CILEUNCA

21 November 2018 Dibaca 739 Kali
PANORAMA SITU CILEUNCA

PANORAMA ALAM
Dari sekian banyak danau buatan di sekitar Bandung, Situ Cileunca    adalah  salah satu yang masih bisa dinikmati keberadaannya.       Menurut penduduk sekitar, dahulu banyak terdapat pohon leunca   di daerah yang sekarang jadi situ, oleh karena itu danau tersebut dinamakan Situ Cileunca. Situ Cileunca menjanjikan panorama alam nan indah. Tak heran, dulu, orang-orang sempat  menjuluki tempat tersebut sebagai Swiss-nya Indonesia. Seiring   berjalannya waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata   karena menyajikan panorama alam yang luar biasa indahnya karena   dilengkapi dengan latar pegunungan dan perbukitan alami yang sangat   indah. Di sekitar situ terdapat camping ground. Situ Cileunca juga dilengkapi dengan perkebunan arbei dan stroberi. Selain itu kini objek wisata ini disambungkan dengan sungai palayangan yang akhirnya membuka juga fasilitas flying fox dan arum jeram dengan berbagai varian tarif dan fasilitas yang berbeda setiap paketnya.

LOKASI
Situ Cileunca berada 45 KM sebelah selatan tepatnya di wilayah Desa Warnasari dan Pulosari kecamatan Pangalengan kabupaten Bandung Jawa Barat dan 185 KM dari Kota Jakarta, Situ Cileunca berada di ketinggian 1550 M dpl dan dikelilingi oleh dua perkebunan teh Malabar yang dikelola oleh PTPN VIII, Situ Cileunca letaknya tak jauh dari kecamatan Pangalengan. Uniknya dalam pembangunan Situ Cileunca ini berdasarkan cerita para orang tua dahulu situ ini dibangun oleh banyak orang tetapi tidak menggunakan cangkul tetapi mengunakan halu yang merupakan jenis tongkat panjang yang biasa digunakan penduduk desa jaman dahulu untuk memukul sesuatu.

SEJARAH
Menurut sejarah Situ Cileunca merupakan kawasan pribadi seorang warga Belanda bernama Kuhlan yang dulu menetap di Pangalengan. Dalam pembangunannya Situ Cileunca dilaksanakan dalam waktu yang cukup lama yaitu selama 7 tahun (1919 - 1926) dengan membendung aliran sungai Cileunca, sehingga terbuatlah sebuah situ yang akhirnya menjadi sebuah bendungan yang sekarang diberi nama Dam Pulo.

 

AKTIVITAS BERBASIS ALAM
Selain itu, pengunjung bisa berkeliling dengan perahu untuk memutari danau. Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan menantang adrenalin seperti rafting, air keluaran bendung Cileunca biasa digunakan untuk kegiatan tersebut. Selain digunakan untuk wisata, air Situ Cileunca juga digunakan sebagai sumber air bersih warga Bandung dan sebagai pembangkit tenaga listrik. Bagi para wisatawan domestik, objek wisata Situ Cileunca ini merupakan salah satu sarana pelepas rasa lelah setelah penat beraktifitas, dengan harga yang terbilang sangat murah yaitu Rp 3.000/orang para pengunjung dapat menikmati keindahan Situ Cileunca, dan jika pengunjung ingin mengelilingi Situ Cileunca serta melihat tanaman strawberry, pengunjung dapat menggunakan perahu yang terdapat di pinggiran Situ tersebut dengan merogoh kocek sebesar Rp 5000/orang para pemilik perahu akan mengantarkan kita melihat pemandangan alam yang terdapat di Situ Cileunca.

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image